BIDAN TIDAK BOLEH BAK ORANG BUTA

Teni Nurlatifah HR

Pengetahuan tidak dapat berdiri sendiri tanpa agama yang senantiasa beriring bersama. Pengetahuan tanpa agama bagai orang buta berjalan tak kenal arah, begitupula sebaliknya Agama tanpa pengetahuan bagai ruang hampa tak beroksigen, sesegera mungkin akan “Mati”. Ilmu adalah pengetahuan yang diperoleh melalui metode ilmiah dengan penelaahannya mencakup seluruh aspek kehidupan yang dapat diuji oleh panca indra manusia. Agama adalah ketaatan, tauhid dan segala sesuatu yang menjadi suatu peribadatan. Albert Einstein dalam sebuah tesisnya menyatakan “Religion without science is blind. Science without religion is paralyzed”. Nabi Muhammad SAW bersabda ”Telah aku tinggalkan kepadamu 2 perkara, kamu tidak akan tersesat selamanya, selama kamu berpegang teguh dengan keduanya, yaitu Kitabullah dan Sunah Rasul”. Artinya bahwa apapun ilmu yang kita terapkan dalam kehidupan harus mengacu kepada AlQuran dan Hadits.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Saat ini telah banyak buku – buku sebagai referensi pembelajaran untuk program studi kebidanan, namun nyaris tidak ada yang mengajarkan tentang penerapan ilmu kebidanan berkaitan dengan agama, terutama hukum – hukum islam, sedangkan banyak sekali didapatkan praktik – praktik kebidanan yang padahal sebelumnya telah diatur dalam Alquran ataupun Hadits, misalnya mengenai darah nifas (wiladah), menyusui dan alat kontrasepsi.

Oleh karena itu semoga segera hadir buku – buku atau referensi – referensi yang dapat dijadikan acuan bagi para bidan atau mahasiswa kebidanan dalam praktik kebidanan terkait hal di atas.

Bidan merupakan sosok yang akan jadi panutan dan role model di masyarakat, juga dipandang bahwa bidan merupakan figur yang segala bisa. Kita ketahui bersama bahwa Negara kita memiliki adat ketimuran yang kental sekali dengan budaya dan mitos, sehingga bidan yang tidak memiliki fondasi ilmu kebidanan, ilmu agama, ilmu komunikasi akan sulit untuk diterima masyarakat.

Author Bio