Resolusi 2020, Apa kabar?

Tahun 2020 tinggal beberapa hari saja, kira – kira apa yang ada dalam pikiran Anda semua? Memilih melewatinya begitu saja atau mengevaluasi perjalanan hidup selama setahun ke belakang?

Momen akhir tahun merupakan waktu yang sangat tepat untuk kita cek ricek resolusi yang pernah kita buat setahun yang lalu (meskipun sebenarnya proses evaluasi ini tidak kita lakukan satu kali saja, namun lakukan secara rutin per-pekan, per bulan dan per triwulan).

Kita pernah bahas bahwa peran tiap orang dalam hidupnya bermacam – macam, dan menurut guru saya : “setiap orang minimal memiliki 5 – 7 peran dalam hidupnya”, misalnya saya memiliki peran sebagai seorang isteri, seorang ibu, dosen, mahasiswa (karena saya sedang melanjutkan studi), pegawai, trainer, owner bisnis. Nah, kita evaluasi setiap peran tersebut :

  1. Resolusi apa yang sudah berhasil diraih dari tiap peran tersebut?
  2. Resolusi apa yang belum berhasil dicapai dari setiap peran tersebut?
  3. Jika belum berhasil, apa hambatan yang ditemukan saat berusaha meraihnya?
  4. Bagaimana Anda menghadapi hambatan tersebut?
  5. Apakah Anda sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi setiap masalah Anda?

Silahkan lakukan corat – coret di kertas saja terlebih dahulu, dan jika ingin mendokumentasikannya bisa diketik dan disimpan di leptop Anda. Catatan ini penting untuk starting poin pembelajaran sebagai dasar merancang dan melangkah untuk resolusi tahun 2021. Saya sendiri sering menggunakan suatu aplikasi di leptop, dan saya beri judul “Life Plan Report”

Jika masih punya tambahan pertanyaan, silahkan bisa menambahkannya. Buatlah pertanyaan – pertanyaan yang bisa mendongkrak diri anda lebih produktif dan berkembang.

Sudah siap dengan Resolusi 2021? Semoga, bisa merancang kehidupan yang lebih baik di tahun depan.

Author Bio